A. Visi
“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA, BERBUDAYA MELAYU, BERPRESTASI MANDIRI DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN BERBERBUDAYA LITERASI NUMERASI DI SEKOLAH”
B. Misi
1. Membentuk peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
2. Menerapkan perilaku sopan santun, dan disiplin dalam rangka penguatan karakter peserta didik sehingga terciptanya peserta didik yang jujur, berakhlak mulia, mandiri dan bertanggungjawab, berjiwa gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
3. Menumbuhkan sikap kepedulian dan cinta terhadap lingkungan baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat serta peduli dengan penghijauan.
4. Memiliki rasa mencintai dan melestarikan berbudaya melayu/daerah dalam lingkup kebhinekaan dan budaya global.
5. Menanamkan, menguatkan dan menggalakkan budaya literasi sebagai proses belajar berinovasi dan berkreasi sepanjang hayat.
6. Meningkatkan kompetensi literasi numerasi dan berfikit tingkat tinggi serta penguatan karakter profil pelajar Pancasila.
7. Menciptakan pelajaran yang bermutu dan berteknologi dengan literasi dan numerasi yang menyenangkan.
C. Tujuan
Tujuan yang diharapkan oleh SMP Negeri 3 Dumai dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun kedepan)
a) Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia, dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
b) Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
c) Menghasilkan peserta didik yang memiliki hasil belajar mencapai ketuntasan untuk seluruh mata pelajaran.
d) Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
e) Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bernalar kritis dan berkreativitas.
f) Membentuk peserta didik yang mampu belajar secara mandiri dan independen.
g) Menghasilkan peserta didik yang memiliki mental pembelajar sejati.
h) Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
i) Meningkatkan rasa simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
j) Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
k) Menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, asri, bersih dan sehat.
l) Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar sehingga mampu mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
m) Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
n) Merancang pembelajaran yang banggaakan potensi daerah.
o) Menanamkan budaya literasi sebagai proses belajar berinovasi dan berkreasi sepanjang hayat.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3tahun kedepan)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
b. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik dengan mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
c. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al Qur’an dan gemar membaca Al Qur’an.
d. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
e. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat, minat dan potensi peserta didik.
f. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
g. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
h. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan.
i. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
j. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
k. Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
l. Menanamkan dan menguatkan budaya literasi sebagai proses belajar berinovasi dan berkreasi sepanjang hayat.
3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun kedepan)
a. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya.
c. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi cirri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis.
d. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata.
e. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
f. Menjalin kerja sama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
g. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
h. Membangun budaya dan kultur sekolah yang berkompetitif positif.
i. Membentuk peserta didik yang mampu menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotongroyongan.
j. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.
k. Mengasah dan menguatkan pengetahuan dan keterampilan numerasi peserta didik dalam menginterprestasikan angka, data, table, grafik dan diagram.
l. Memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.
m. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan literasi untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pertimbngan yang logis.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.